11 Kegiatan Untuk Menghilangkan Stress Setelah Ujian Tesis

Seorang teman mengatakan, โ€œJika kamu akan menghadapi sesuatu yang berat dan terasa begitu menekan mentalmu, jangan mengingatnya! Ingatlah bahwa sebentar lagi momen sulit itu akan berlalu dan setelahnya kamu akan lega dan bahagia.โ€ Kalimat itulah yang selalu saya ingat ketika saya menghadapi saat-saat sulit, termasuk ketika sedang mengerjakan tesis.
Yahh… semester terakhir ini memang cukup membuat saya tertekan, bahkan nyaris lupa ingatan wkwkkk… *lebay mode on. Saya ingat suatu hari saya berangkat ke kampus, kemudian bertemu dengan beberapa orang yang menyapa saya dengan ramah. Wajahnya familiar tapi saya tidak mampu mengingat siapa dia dan bagaimana dia mengenal saya. Waktu itu saya hanya tersenyum, membalas sapaannya sambil menghindari penyebutan nama. Mudah-mudahan saja wajah linglung saya tidak terbaca ๐Ÿ˜” Duh, separah itukah ingatan saya? Apakah memang karena faktor U? Tapi kok cepat banget prosesnya? Rasanya saya belum setua itu deh ๐Ÿ˜Ÿ
Waktu saya curhat ke beberapa teman seperjuangan, ternyata saya tidak sendiri. Teman-teman saya juga mengalami momen-momen kacau seperti itu. Ada yang manggil suaminya ketuker sama anaknya, ada juga yang sampai lupa nama suaminya sendiri haha… ๐Ÿ˜… (Sesaat doang sih lupanya, setelah kondisi normal mah ingat lagi). Duh, bener-bener yaa… perjuangan mengerjakan tesis itu menguras tenaga, pikiran, dan emosi. Rangkaian pengerjaan tesis tidak selamanya mulus, ada saja drama yang membuat jantung ketar-ketir nggak keruan. Begadang sampai nyaris tidak tidur selama hampir 22 jam juga saya alami di semester ini *lap keringet.
Pada saat-saat yang membuat stress itu, saya ingat perkataan teman saya.

“Jika kamu akan menghadapi sesuatu yang berat dan terasa begitu menekan mentalmu, jangan mengingatnya! Ingatlah bahwa sebentar lagi momen sulit itu akan berlalu dan setelahnya kamu akan lega dan bahagia.”

Saya membayangkan betapa lega dan bahagianya ketika momen berat ini terlewati. Saya juga menyusun hal-hal apa saja yang ingin saya lakukan setelah ujian tesis selesai. Inilah 11 kegiatan untuk menghilangkan stress setelah ujian tesis ala saya.

1. Tidur sepuasnya


cara menghilangkan stress berlebih
Gambar bersumber dari Smengelsrud, Pixabay.com

Tidur menempati posisi teratas di dalam to do list saya. Tidur yang cukup adalah hal yang paling saya inginkan pada saat begadang. Apalagi ketika itu suami tertidur dengan pulasnya di sebelah saya yang harus serius menekuni laptop. Bahagia banget kelihatannya. Saat itu kasur yang empuk menjadi suatu kemewahan bagi saya.

2. Menekuni blog


cara menghilangkan stress bagi remaja
Gambar bersumber dari Free Photos, Pixabay.com

Saya senang menulis. Dari sekian pelatihan menulis yang pernah saya ikuti, saya ingin menekuni blog dulu saja. Kebetulan sudah ada dua blog yang saya tulis, walaupun belum dikelola dengan baik hehe… Yang satu lifestyle blog (yang sedang Anda baca), satunya lagi blogkhusus jalan-jalan dan makan.
Sekarang sudah waktunya saya mengelola blog dengan baik. Lagipula menulis blog itu selain untuk meninggalkan jejak kehidupan kita, juga bisa sekalian curhat ๐Ÿ˜Š

3. Decluttering dan bebenah rumah


cara menghilangkan stress berlebih

Decluttering is remove unnecesary items from an untidy or overcrowded place. Jadi barang-barang yang sudah lama tidak digunakan atau memang sudah tidak diperlukan sebaiknya dikeluarkan. Declutteringini salah satu tahap yang harus dilakukan dalam bebenah, baik bebenah ala Konmari maupun Gemar Rapi. Agar lebih semangat decluttering, sebaiknya sih kita sudah memiliki info ke mana barang-barang yang masih layak pakai akan disalurkan. Menyenangkan bukan apabila kita mengetahui bahwa barang-barang yang kita keluarkan akan meneruskan manfaatnya bagi orang lain? Saat ini sih saya tahunya @donasibarang (ada ig-nya) yang bisa menjadi saluran. Kalau teman-teman ada info lain, boleh ya minta tolong di-share infonya. Makasiiih.

4. Praktek memasak


cara menghilangkan stress berkepanjangan

Praktek memasak juga dapat menghilangkan stress. Resep masakan yang ingin saya praktekkan yaitu spicy wing, nasi daun jeruk, dan puding. Sebetulnya saya sudah pernah memasak spicy wings ala-ala yang di supermarket itu, resepnya dapat dari teman. Rasanya lumayan enak menurut saya sih, rencananya mau buat lagi sebagai stok. Kalau nasi daun jeruk awalnya saya ngiler lihat postingan ig-nya @laskarsegoidjo, sepertinya enak nasi daun jeruknya. Kalau catering gitu ada minimal ordernya pasti kan? Nggak mungkin boleh pesan 1 kotak saja. Jadilah saya hanya bisa membayangkan saja. Untungnya waktu saya ujian tesis di Depok, Mbak Debbie dari Pawon Mbok De bisa bantu supply nasi daun jeruk juga, jadi terobati rasa penasaran saya. Tapi tetep sih, masih penasaran pengen coba buat sendiri. Kalau puding saya ingin mempraktekkan hasil belajar di Dโ€™Assapreneur. Dari 5 resep puding yang diberikan saya baru praktek membuat puding sutra buah saja.

5. Memberi reward untuk diri sendiri


cara menghilangkan stress pikiran

Pemberian reward adalah salah satu bentuk apresiasi atas prestasi seseorang. Pemberian reward dapat menstimulus seseorang untuk lebih bersemangat lagi dalam berkarya dan berprestasi. Kalau diri sendiri, apa perlu reward juga? Uwohh… perlu dooong! Sudah ada reward yang saya pikirkan sebagai apresiasi bagi diri sendiri, tapi belum saya publikasikan.


6. Nongkrong, makan bareng teman seperjuangan sambil ketawa.


cara menghilangkan stress dan depresi
Baru terealisasi bareng Mak Adher, Tya, dan Riwa

Nongkrong, makan, ketawa bareng Mak Adher, Tya, Riwa, Aji wajib dilakukan. Mereka adalah peer support yang luar biasa, saling menguatkan ketika melewati masa-masa sulit. Nongkrong bareng sambil ketawa ngakak, mengenang susah senangnya perjuangan yang telah dilewati menjadi perayaan yang tidak boleh dilewatkan.


7. Membaca semua buku yang ada di rumah dan membuat review buku yang menarik


cara menghilangkan stress beban pikiran
Gambar bersumber dari Pexels, Pixabay.com


Uhm! Jujur, buku yang saya punya belum semuanya selesai dibaca, beberapa malah masih dibungkus plastik. Sebelum kena ยญdecluttering, saya niatkan untuk membaca dulu semua buku tersebut. Untuk buku yang menarik, saya akan menuliskan reviewยญ-nya, sekalian update blog juga sih hehe…


8. Jualan buku yang sudah selesai saya baca


cara menghilangkan stress kerja
Gambar bersumber dari Malaquiastimoteo, Pixabay.com


Untuk jualan buku yang sudah selesai dibaca saya terinspirasi dari Pak Anang YB. Sebagai penulis beliau memiliki ratusan buku tentunya. Suatu hari saya membaca postingan beliau waktu launching akun ig @buku_antik. Akun tersebut menjual buku, termasuk buku bekas. Menurut beliau, โ€œBuku itu bukan untuk dikoleksi.โ€ Setelah saya pikir-pikir ada benarnya juga, lebih baik buku tersebut segera dibaca, diambil pesan intinya, kemudian dipindahtangankan agar buku tersebut dapat meneruskan manfaatnya.


9. Belajar saham


Gambar bersumber dari Gerd Altmann, Pixabay.com


Sebetulnya saya sudah lama membaca buku tentang saham, tapi membaca saja tanpa betul-betul memahami. Suatu hari saya menemukan buku tentang saham yang ditulis oleh Andika Sutoro Putra. Tulisannya enak dibaca dan saya merasa tulisan tersebut cocok dengan kondisi psikologis saya. Satu hal yang saya sadari, belajar saham memerlukan keuletan untuk ngulik-ngulik dan menganalisis mana pilihan saham terbaik. Untuk praktek ngulik-ngulik dan menganalisis saham ini saya perlu lebih banyak belajar dan latihan lagi.


10. City Tour Jakarta


Gambar bersumber dari www.jakartatraveller.com


Jalan-jalan itu salah satu hal yang ampuh untuk menghilangkan stress dan men-chargekembali energi kita. Salah satu hal yang ingin saya lakukan setelah selesai ujian tesis adalah city tour di Jakarta. Ini nggak salah tulis nih, di Jakarta? Iyess…. bener banget. Meskipun saya bekerja di Jakarta, saya jarang jalan-jalan. Banyak tempat menarik di Jakarta yang belum saya kunjungi. Salah satu hal yang ingin saya lakukan adalah keliling kota menggunakan bus tingkat. Bus tersebut pernah saya lihat di dekat halte transjakarta Juanda.


11. Huntingperabot lucu di Ikea


Gambar bersumber dari www.ikea.co.id


Mau decluttering tapi kok malah huntingperabot? Hihihi… ini maksudnya perabot yang memang betul-betul diperlukan, seperti kotak-kotak lucu untuk menyimpan pakaian, tempat sendok garpu tertutup, gantungan panci, dan sebagainya.

Itulah 11 kegiatan untuk menghilangkan stress setelah selesai ujian tesis ala saya. Saat ini yang sudah terealisasi adalah tidur sepuasnya dan nongkrong bareng Mak Adher, Tya, dan Riwa. Untuk menekuni blog sudah saya mulai prosesnya, antara lain dengan mengikuti training SEO for Beginner bersama Uda Endo Putra dari Jasoweb sekaligus founder Takaitu. Selain itu saya juga menghadiri dan belajar banyak pada acara ulang tahun yang ke-3 Blogger Jakarta. Decluttering dan bebenah juga sudah mulai berproses, saat ini sedang membenahi dapur. Daftar kegiatan lainnya masih antri menunggu giliran dieksekusi hehe…

6 thoughts on “11 Kegiatan Untuk Menghilangkan Stress Setelah Ujian Tesis

  1. Nadia K. Putri

    Tidur itu jadi wishlist nomor satu saya setelah selesai mengerjakan jurnal (artikel ilmiah). Begadang, ngomong sendiri depan kaca untuk memastikan jurnal, sampai mimpiin jurnal, waduh. Akhirnya, selesai juga mbak Tita, seneng banget ga ketulungan. Mohon doanya ya mbak, akhir Agustus ini diwisuda ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. tita Post author

      Hai Kak Nadia,
      terima kasih sudah mampir ๐Ÿ™‚
      Iya, betuuul, tidur itu jadi wishlist nomor satu hihihi…
      Selamat ya, Kak Nadia, atas wisudanya.
      Sukses selalu untuk Kak Nadia ๐Ÿ™‚
      Aihh… jangan-jangan barengan kita wisudanya ya, Kak ๐Ÿ™‚

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *